jorumongso

rabu, 01:22 wib

Allah Maha Sempurna atas semua rencanaNya. bukan bermaksud menggurui, mencerahkan atau bersikap lebih tahu. atas segala rencananya pula hari ini terjadi suatu kejadian. yang tidak pernah kita jangkau, pikirkan,bahkan terencana. satu-satunya rencana hanya rekayasaNya. kesempurnaan perencanaan.

jorumungso, berasal dari ungkapan bahasa jawi “ojo” dan “rumungso” (jangan dan merasa – indonesia). sederhana ungkapannya namun sarat maknanya. dalam bahasa bebasnya mungkin bisa dimaknai sebagai “lebih tahu diri”.

cerita masa kecil tentang katak yang ingin dapat terbang seperti seekor bangau, dapat lebih tepat betapa manggambarkan makna dari ungkapan ini. meskipun akhirnya sang katak dapat terbang karena di bantu 2 ekor bangau yang membawa sebatang bambu untuk di gigit sang katak. begitu senangnya hingga sang katak tak sadar berucap. jorumongso memang lebih kepada tindakan yang kurang kita sadari. melakukan kesadaran dengan sadar, sangatlah begitu sulit meskipun kelihatannya begitu mudah bahkan tersepelekan, namun di situlah awal bencana.

seringkali kita selalu dapat merasa, merasakan bahkan lebih dirasani. padahal ungkapan atas rasa itu belumlah kita sadari pemaknaannya. definisi mutlak tentang “rasa” itu sendiri belumlah dapat kita uraikan. hanya mampu kita dekatkan pada sesuatu yang sifatnya serupa namun tetap saja tak sama. rasa manis seperti madu, gula, sirup. lalu apa manis itu? sebegitu jauhkah kita untuk memahami tentang manis? bagaimana dengan rasa itu sendiri?

mengkaburkan yang nyata mungkin sering kita lakukan. namun seolah kita telah mampu menjangkau sesuatu yang kabur (ghaib) itu sendiri. maaf. bertindak melebihi sesuatu yang ditentukan memang telah menjadi ketentuan bagi kita semua. ini yang menyebabkan kita perlahan terseret pada pandangan yang begitu sempit pada sebuah perspektif pemikiran.

mudah-mudahan kita selalu tetap untuk berpikir, bertindak dan berucap dengan segala kesadaran untuk tidak terlalu berlebihan. jorumongso……

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s