cara blog kita bisa dikenal di search engine

Bagi yang belum berpengalaman dalam mengelola blog memang agak kesulitan untuk mengundang netter masuk ke blog kita, termasuk saya.

Dari blog2 yang selama ini saya amati yang cepat sekali perkembangannya, yaitu blog2 yang menyediakan fasilitas download lagu, film, dan bagi Anda yang pintar membuat suatu tulisan sehingga berkesan dihati pembaca. Tetapi sayang tidak sumua orang bisa menulis dengan baik walaupun dia pintar sekali dalam urusan komputer.

Tetapi bagi belum pintar menulis jangan berkecil hati, jadikan blog Anda tempat anda melatih menulis untuk menjawab permasalahan yang sering di alami para netter. Temukan komunitas Anda yang cocok apabila sudah ketemu lambat laun orang akan masuk kedalam blog Anda apabila informasi2 yang mereka cari ternyata banyak yang ditemukan di blog Anda.

Copy paste artikel dari blog lain juga tidak ada hukum yang melarang, karena fungsi internet untuk sharing informasi dan mempercepat penyebaran informasi dari mulut kemulut, tetapi berhubung komputer tidak punya mulut jadi copypaste yang bicara, tetapi jangan lupa tulis sumbernya itupun hanya etika untuk memberikan apresiasi dari sumbernya, yang terkadang sumbernyapun merupakan copypaste dari tempat lain.

Cukup sampai disini dulu bincang2nya kita kembali kepada bagaimana cara blog kita dikenal oleh search engine yang sudah kita kenal yaitu google.

Langkah2 nya sebagai berikut :

  1. Kita harus mengenalkan diri kita dulu di Google dengan membuat account kita di Google.
  2. Login dengan menggunakan account Anda di Google.
  3. Setelah itu Anda masuk ke http://www.google.com/addurl.html
  4. Pada kotak isian URL isikan alamat situs Anda lengkap, misal http://www……..
  5. Isikan komentar, terserah isinya apa karena tidak berpengaruh apa2.
  6. Huruf bergelombang harus anda isikan di kotak isian di bawahnya.
  7. Setelah itu Click tombol Tambahkan URL.

Setelah itu muncul tampilkan seperti ini,

Click Google Webmaster Tools.

Tampilan berikutnya ;

Pada isian addsite isikan alamat blog anda kemudian tekan addsite.

Pada kolom verified apabila belum berupa tanda centang harus anda click terlebih dahulu untuk menkonfirmasi blog Anda.

Pada gambar disamping click verify your site

Verification status : NOT VERIFIED, berarti situs blog Anda belum dikenal.

Untuk itu anda harus verifiksi terlebih dahulu agar google tahu bahwa situs tersebut benar2 punya Anda.

Plih Chose verification Method

Disini ada dua pilihan

  1. Add Meta Tag.
  2. Upload HTML.

Apabila blog anda memakai wordpress sebaiknya pilih Upload HTML

Sehingga muncul gambar berikut ;

Kode yang diberikan google didalam kotak Anda jadikan acuan untuk membuat halaman baru di blog Anda di wordpress. Jadi Anda harus membuat halaman baru di wordpress dengan judul kode acuan tersebut tetapi isinya dikosongkan saja. Kare google memverifikasi kode tersebut dengan melihat judul yang Diberikan dengan kode tersebut.

Setelah selesai membuat halaman baru di blog Anda Tekan tombol verify. Mungkin pada saat verify pertama akan gagal soalnya saya sendiri lima kali baru berhasil untuk verifikasi.

setelah verifkasi sukses halaman baru di blog Anda tadi dihapus lagi tidak apa2 karena hanya digunakan untuk sementara proses verifkasi.

Setelah itu proses selesai, tunggu saja hasilnya jawaban dari google.

Mudah2an ini bermanfaat bagi pembaca.

sumber : http://jnet99.wordpress.com

Iklan

20 pemikiran pada “cara blog kita bisa dikenal di search engine

  1. Matursuwun sanget ilmunya,setelah saya mencoba berulangkali alhamdullilah masih not verified tapi saya tetap berjuang sekuat tenaga semoga berhasil.
    sekali lagi matursuwun sanget.

  2. saya juga seperti anda semua, baru dalam urusan blog tetapi entah kenapa alhamdulillah saya langsung berhasil. dari beberapa kejadian mungkin terdapat kasus terhadap orisinalitas perangkat lunaknya (tapi itu juga sebatas analisa, mudah2an siy salah!)…anda pasti bisa, jangan menyerah!

  3. mas aku belum jelas nih bisa di kirm di koment aku sekali lagi thanks

    —- mas denny, memang banyak keluhan dari para blogger untuk bagaiman blog mereka dpt segera terpublish di mesin pencari. berdasarkan analisa dari pengalaman saya pribadi ada beberapa faktor :
    1. mungkin juga sistem operasi yang kita gunakan juga berpengaruh, maksudnya, asli atau bajakan software operasi kita juga menentukan.
    2. secara prinsip sih, saya beranggapan, robot pada mesin pencari biasanya juga mempertimbangan bagaimana blog kita dapat segera di publish, salah satu caranya, carilah topik yang menarik, orisinal (belum pernah di publikasi di web atau blog lain).
    3. rajinlah mengunjungi blog rekan2 yang lain dan memberikan komentar, secara etika ada aturan bersilahturahmi dengan user yang lain, atau kunjungi blog2 lain yang memang trafficnya ramai.
    4. tips diatas mungkin hanya berlaku untuk WP, artinya belum tentu berpengaruh untuk blog selain WP misal : blogspot dll.

    dengan harapan ini, perlahan tapi pasti maka traffic blog kita dengan sendirinya akan naik dan ternominasi dalam robot mesin pencari.

    salam
    jorumongso

  4. klo ga bikin account di google, bikin stiker aja yg tulisannya alamat blog kita, tempel di mobil, motor, kasih ke orang hehehe

    —- gut idea… boleh juga niru ideanya yang kreatif. ayo, siapa mau coba…?

  5. @arunamemangmanis

    idenyamemangmanis: kasih ke orang.
    yang dikasih ke orang gitu mobil atau motornya? wuih…! mau dong. whue he..he..

    yang ga’ ada mobil, motor, atau sepeda, bisa tuh bikin tattoo. ga’ usah yang permanen laaaaH! kalo permanen, repot kalo url-nya pindah…

  6. thanks mas udah aku cobain, kayaknya di row bagian atas ada comment berhasil di verify tetapi aku cek di google masih belum ada
    ntar aku cobain lagi ya hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s