ke”nyata”an

jumat 17:50 wib

dia senyata-nyatanya benar NYATA. Banyak diantara kita yang begitu paham, mengerti, tahu tentang detail segala dasar hukum, pengertian-pengertian, ungkapan yang menyatakan sesungguhnya Dia benar Nyata, namun tidak sedikit yang akhirnya hanya menciptakan keNyataannya sendiri atas sudut pandangnya masing-masing.  sehingga ketika diungkapkan secara bersama-sama, hal yang “satu” serta merta berubah menjadi majemuk dengan begitu banyak wujud, corak, warna, bentuk, rupa, rasa dan lain sebagainya.

ingat cerita imajiner tentang 10 orang buta memegang gajah? dikisahkan tentang bagaimana 10 orang buta ditugaskan untuk mendefinisikan apa arti ‘gajah”. mereka dilepaskan bersama-sama dengan seekor gajah. ketika masing-masing diminta keterangan tentang pengertiannya terhadap gajah, merekapun lantang berucap menurut pengertian dan definisinya dari sudut pandangnya masing-masing. dan mereka pun berani bersumpah atas keyakinannya dan bahwa pendapatnyalah yang paling benar.  tidak salah tetapi belumlah tepat! ironis memang, namun begitulah kejadian. inti dari ungkapan diatas hanya menyatakan suatu kenyataan yang sesungguhnya bukan nyata.

sejatinya ada ukuran bagaimana untuk menyatakan bahwa sesungguhnya kita telah menemukan keNYATAanNya. bukan atas dasar kesaksian belaka, bukan atas pengalaman, bukan atas kebiasaan apalagi hanya atas rekaan atau bayangan. ungkapan atas kebenaran rasa yang memang kita rasakan hanya salah satu dari sekian ukuran untuk menyatakan kenyataanNYA. ukuran lain adalah bentuk kerendahan diri kita yang semakin nyata ketika kita lebih memahami arti kenyataan yang sesungguhnya.

ingin tahu lebih lanjut…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s