tuhan berusaha manusia menentukan

manusia berusaha tuhan menentukan. sepotong kalimat ini begitu mewakili untuk semua aplikasi perbuatan yang mengarahkan suatu hasil. ini juga mengandung pengertian tentang suatu mekanisme proses.
dalam berbagai aplikasi ilmu teori telah di jabarkan bahwa unsur mekanisme memiliki 3 elemen penting yang fundamental. input – proses, itu sendiri – output.  dengan kata lain apapun hasil “output” harus diolah berdasarkan aplikasi “proses” yang tepat dengan “sumber” yang turut menentukan. input yang tepat bila diproses dengan aplikasi yang benar pasti akan menghasilkan hasil yang maksimal sesuai dengan rencana tujuan. mutlak, dalam kajian teori ilmu.
namun dalam aplikasi keseharian ketika kita memiliki arah dan tujuan  terhadap suatu maksud tertentu sering mengalami kegagalan. padahal semestinya kegagalan itu sendiri sudah termsuk dalam pengkajian dan analisa untuk di minimalisir namun kenyataannya begitu maksimalisir.  sulit dimengerti? sejatinya tidak….
sering kali kita terlupakan untuk melihat mekanisme proses itu sendiri secara makro, yang akhirnya kegagalan demi kegagalan satu persatu menghamipiri kita.  dalam kehidupan sehari-hari, kita begitu mumpuni untuk melakukan berbagai tindakan yang kita alami, mikro. mekanisme proses “makro” dan “mikro” sesungguh memiliki kesamaan yang mutlak, hanya memang perlu lebih jeli untuk lebih menterjemahkan  dan mengkorelasikan diantara keduanya. sehingga sepotong judul diatas dapat benar-benar terjadi pada kehidupan kita, buka sebaliknya – kita yang selalu berusaha…
wah mana mungkin? agak sulit memang menjabarkan pemaknaan judul diatas. kelihatannya seperti ngawur dan tidak berdasar namun jangan salah tangkap dulu. pernah mendengar cerita tentang seseorang yang begitu mujur, penuh keberuntungan dan selalu dipermudahkan dalam segala permasalahan serta memiliki begitu banyak kelebihan dan kemampuan? kita biasa menyebut orang-orang seperti adalah orang yang di karuniai bakat.
bakat lahir yang dia miliki tidak mampu menjadikan apa-apa dalam kehidupannya tetapi kemampuan bakatnya adalah kitika mampu menterjemahan tentang prose’s makro kehidupan yang dikorelasikan dengan prose’s mikronya yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. jadi orang semacam inilah protype dari judul diatas, yang tanpa ia melakukan apa-apa tetapi selalu dicukupi, dipenuhi bahkan dilebihkan dari segala macam kenikmatan dan karunianya. disinilah pemaknaan bahwa tuhan berusaha dan manusiapun tinggal menentukan. allahu akbar…..
anda mau seperti itu …..?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s