tips: menembus pasar global via internet

petikemas1Banyak dari kita yang menggunakan internet sebagai sarana menjual sesuatu. Ini di dasarkan pada pemikiran bahwa intenet dapat menghubungkan siapa saja di belahan dunia yang tidak mengenal batas antar negara.  Dengan karakter tersebut mestinya media internet dapat dijadikan media informasi bagi calon pembeli tanpa harus melakukan pertemuan langsung, melakukan perjalanan ke suatu tempat, ekspo atau pameran . Jika memang berhasil, pasti keuntungan besar akan menanti tanpa mengeluarkan biaya untuk promosi, perjalanan dan sebagainya.  Bagaimana caranya :
1.    Milikinya situs atau blog yang sesuai dengan arah dan pasar anda,
Syarat pertama yang dilakukan adalah anda harus memiliki situs (website) atau blog, karena dengan situs atau blog inilah calon pembeli dapat menemukan informasi selengkap mungkin tentang siapa anda, produk anda, kapasitas produk, keunggulan produk, harga produk, jaminan yang anda berikan dan informasi pendukung lainnya. Dengan kata lain, situs atau blog anda merupakan katalok produk yang biasanya di cetak oleh suatu perusahaan untuk menginformasikan produknya yang di sebarkan ke konsumen. Bedanya, dalam katalog dengan situs atau blog ini, anda dapat memperbaharui (update) semua informasi yang memang harus di revisi sehingga calon pembeli atau konsumen selalu mendapatkan informasi terbaru tentang produk anda. Selain memiliki berbagai fitur yang menampilkan informasi tentang produk anda, sertakan pula fasilitas untuk berkomunikasi langsung baik berupa e-mail atau chat fitur.
Khusus bagi mereka yang memang ingin membidik pasar luar negeri, sebaiknya karakter situs atau blog harus disesuaikan dengan karakter pasar yang ada. Sebagai contoh, untuk menembus pasar Amerika (USA) dibutuhkan design yang modern dan kreatif . Masyarakat di Amerika biasanya begitu interest dan apresiasif dengan sesuatu yang modern dan kreatif. Namun berbeda lagi untuk karakter pasar Eropa yang cenderung klasik, sederhana, simple, tanpa animasi yang aneh-aneh. Karena memang demikian karakter design pasar Eropa. Hal lain adalah fasilitas  fitur multi bahasa yang memang harus tersedia dalam versi yang sesuai dengan pasarnya untk Negara yang lebih nyaman dengan bahasa ibunya, selain bahasa Inggris sediakna pula bahasa Prancis dan Spanyol.
2.    Friendly Search Engine ,
Pengguna internet memiliki perilaku khusus dalam hal mencari dan menemukan informasi. Mereka tidak suka langsung masuk ke situs web atau blog dan mencari informasi atau produk yang mereka inginkan, mereka lebih suka mencari melalui mesin pencari atau search engine seperti, Google, Yahoo!, MSN Live dan sebagainya. Hasil riset statistik menunjukan sekitar 68% pengguna internet mencari informasi dan produk melalui mesin pencari. Situs atau blog yang memenuhi standar akan mudah cepat terindeks oleh berbagai mesin pencari. Banyak situs atau blog yang mengabaikan hal semacam ini, perhatian mereka lebih hanya terfokus pada tampilan indah atau tidaknya sebuah situs atau blognya, padahal mesin pencari justru memiliki nilai strategis agar situs atau blog kita dapat di akses oleh calon pembeli .
3.    Keyword yang tepat,
Bila anda berjualan sepatu maka anda anda harus meneliti apakah ketika calon pembeli atau pengguna internet mengetik kata kunci atau keyword yang berkaitan dengan sepatu (shoe/shoes), situs atau blog kita berada di halaman hasil pencarian mesin pencari. Tidak harus nomor 1, berada dalam halaman mesin pencari saja sudah cukup bagus. Bagaimanapun, calon pembeli atau pengguna internet pasti rela membaca hasil pencarian sampai pada halaman ke lima.
Penguasaan kata kunci pun memiliki strategi khusus dan riset yang mendalam. Yang harus di riset secara khusus adalah kata kunci apa yang biasanya diketik atau di cari dan di pahami oleh calon pembeli atau pengguna internet, misal ketika anda menjual laptop, akankah menggunakan kata kunci laptop, notebook, desknote dan sebagainya. Memahami istilah yang berkaitan dengan produk yang kita jual ke luar negeri atau Negara-negara tertentu harus benar-benar spesifik sesuai karakter, budaya, dan kebiasaan masyarakat setempatnya.
4.    Promosi Online
Sedikitnya ada 3 hal yang dilakkan untuk melakukan promosi online :
Pertama, bergabunglah dengan e-marketplace dunia seperti, Alibaba.com, Globalsources.com, dan Ebay.com serta e-marketplace vertical yang sesuai dengan produk yang kita jual. Di sanalah tempat maya para pembeli dan penjual bertemu.
Kedua, begabunglah dengan social networking dunia. Sebaiknya bergabunglah dengan ekskutif perusahaannya bukan corporatenya, salah satunya adalah Linkedin.com. Inilah jaringan social dunia maya para ekskutif dan pebisnis dunia. Bergabunglah dengan kelompok-kelompok yang di asumsikan membutuhkan produk kita.
Ketiga, promosi melalui Google Adwords yang amat bermanfaat ketika kita idak mampu menguasai dan mendefinisikan keyword-keyword tertentu.
5.    Paham Seluk Beluk Aktivitas Penjualan Luar Negeri
Ini adalah skill utama yang mendasar sebelum masuk pada bisnis penjualan antar Negara. Percuma saja memiliki buyer potensial tetapi tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang pengetahuan dasar penjualan antar Negara.  Hal yang harus diperhatikan adalah soal pembayaran, kita harus paham benar soal letter of credit (L/C) dan prosedur-prosdur pembayaran dan pengiriman agar jangan samapi kita tertipu. Karena selalu saja ada peluang penipuan oleh buyer yang mau menerima barang tetapi enggan membayar.

Sumber : Nukman Luthfie, SWA22/XX/IV/23 Oktober-2 November 2008, hal.81

Iklan

4 pemikiran pada “tips: menembus pasar global via internet

  1. Kasih link donk mas ke web sumber kalau isinya copy paste dari blognya pak Nukman 🙂

    —- iya mas, kebetulan aku dapat sumbernya hasil copy print out, tapi nanti coba aku cari data mengenai pak Nukman. Atau ada teman2 yang bisa bantu mas Andra? monggo…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s