mengapa kita harus menulis?

writing-with-penmenulis bukan sesuatu yang sulit, tidak  usah takut untuk melakukan kesalahan dalam menulis.  yang pasti cukup sampaikan saja yang termaksud dalam benak kita dalam tulis.  tak perlu bertele-tele dengan berbagai kiasan, simple, jelas dan mudah di cerna atau di pahami. ada banyak alasan mengapa kita harus menulis. disini coba di ungkapan beberapa alasan mengenai pentingnya kita menulis, baik untuk kita pribadi maupun bagi mereka yang membacanya.
pertama, dengan menulis kita dapat menyampaikan sesuatu atau hal-hal lain yang secara lisan kita sulit untuk mengemukakan, mengatakan atau membicarakannya. di beberapa kasus, kita sering menjumpai seseorang yang kadang mempunyai kesulitan untuk menyampaikan sesuatu. bukan bagaimana menyampaikannya tetapi yang lebih penting adalah apa yang harus di sampaikan. memang begitu sulit menjelaskan secara detail suatu informasi kepada orang lain, namun dengan menulis kita bisa membuat inti-inti informasi yang harus kita sampaikan, simple, lugas dan tidak bertele-tele. dari tulisan tersebut di harapkan ada ketertarikan lebih lanjut tentang tulisan kita tersebut yang akhirnya mendorong orang lain untuk bertanya yang kemudian menjadi lebih spresifik arah informasi yang di butuhkan orang lain. sehingga kita pun dapat lebih mengerti tentang kebutuhan informasi yang di butuhkan dan menjelaskan secara terperinci tanpa membias kearah lain yang justru membingungkan kita dan orang yang membutuhkan informasi tersebut. perasaan takut salah, tidak menguasai materi, atau sulit mendefinisikan informasi tersebut yang mengakibatkan kita tidak dapat menyampaikan dan mengemukakan sesuatunya secara lisan. namun berkat latihan yang teratur dalam menulis maka kesulitan-kesulitan tersebut diatas perlahan-lahan akan terselesaikan.
kedua, dengan menulis kita bisa menyimpan dan mengingat kembali. jangan pernah mengharapkan otak kita dapat menghimpun segala informasi yang pernah kita dapatkan. kemungkinan hilangnya ingatan atau informasi tersebut sangatlah berpeluang, kecuali kalau memang kita terbiasa oleh hal tersebut. karena tidak banyak orang yang mempunyai kemampuan seperti itu, kalaupun ada itu juga hasil dari proses latihan dan kebiasaaan mereka yang panjang.jadi tidak ada prose’s yang instant.  jadi saran yang lebih baik adalah belajarlah menulis, untuk mendokumentasikan informasi-informasi yang tidak begitu penting yang harus kita simpan dalam otak kita, sehingga otak kita cukup fresh terhadap informasi-informasi yang akurat dan pasti saja. sayangilah otak anda!
ketiga, dengan menulis yang baik dan benar maka akan berpengaruh positf kepada orang lain. sebenarnya proses menulis adalah proses memberikan, membagi dan proses memperkaya diri terhadap sesuatu yang dapat kita berikan ke orang lain. dengan menulis sesuatu dapat memberikan berpengaruh kepada orang lain yang membacanya, entah dapat menghasilkan inspirasi, motivasi, harapan, peniruan dan pelajaran bagi mereka yang mau mengambil hikmahnya dari tulisan-tulisan kita. ini juga dapat memberikan referensi bagi mereka yang mencari literatur tentang tulisan kita, mudah-mudahan sesuatu yang salah dalam tulisan kita dapat di perbaiki oleh mereka yang membaca tulisan kita dari sudut pengalaman, pendidikan, penilaian yang berbeda.
keempat, dengan menulis dapat mengurangi stress. ini ada kaitannya dengan fungsi menulis yang pertama. tidak banyak orang  yang dapat bersosialisasi dengan baik ke dalam komunitas atau perkumpulan untuk saling dapat bekomunikasi atau berbagai,  ada juga mereka yang begitu tertutup bahkan sulit untk bersosialisasi. dengan menulis mereka dapat mengungkapkan sisi permasalahan mereka ke dalam bentuk tulisan sebagai bentuk pengungkapannya. pengungkapan masalah inilah yang dapat mengurangi stress, daripada harus di pendam dan di biarkan tersimpan dalam hati dan otak, kenapa tidak di coba untuk menuliskannya?
kelima, dengan menulis juga merupakan salah bentuk beramal. beramal dalam arti disini adalah ketika kita mampu memberikan yang bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan. jadi tak ada kata keterbatasan dalam beramal, karena ilmu yang kita miliki sesungguhnya juga memiliki nilai yang dapat di konversikan dalam nilai material yang juga dapat di amalkan. untuk itu jangan berkecil hati bila kita merasa kekurangan harta (benarkah?) karena ilmu kita sesungguhnya merupakan harta yang dapat bermanfaat dan kita bagikan kepada orang lain.
semoga bermanfaat!

Iklan

3 pemikiran pada “mengapa kita harus menulis?

  1. baiklah, saya mencoba menulis di blog anda ini..hehehehe

    salam

    —- yup, silahkan mas TediMulya dan terima kasih atas kesediaannya! cheers

  2. Setuju..
    Apalagi saya termasuk orang yang lebih berani untuk menulis ketimbang berbicara.
    Saya sering lupa poin-poin apa yang akan saya bicarakan, makanya saya lebih memilih utk menulis.

    😉
    Trim’s

    —- teruskan kebiasaan anda yang positip ya! boleh dong saya minta kesediaannya untuk menulis di blog ini (asal tidak memberatkan ya-sekalian kutip sumbernya dan link anda,thks!). kirim ke btara.mahesa@yahoo.com. mungkin sangat bermanfaat bagi rekan bloger yang lain. salam!

  3. bro berarti yang corat coret dinding itu juga beramal ya bro

    —- ya betul bro. itu juga termasuk bentuk beramal, maksudnya majalah “dinding” kan 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s