tips: sebuah blog (Indonesia) idealnya….

bendera-riBanyak alasan ketika seseorang memutuskan untuk membuat blog. Bisa memang sebagai ajang tulisan pribadi (diary), pelampiasan hati yang terpendam (curhat), tempat menampilkan kreatifitas, aktualitas dan aktivitas, atau lain sebagainya. Alangkah baiknya jika semua alasan di atas tetap mememiliki tujuan yang positif dan mulia yaitu sebagai informasi yang dapat digunakan oleh semua orang. Selain dari alasan-alasan tersebut diatas kita juga mewujudkan anggapan masyarakat bahwa dengan internet (melalui blog) dapat dijadikan sebagai pusat informasi tanpa batas dan ruang.

Sebuah blog di Indonesia seharusnya :

  • Berisi artikel, informasi yang yang bermanfaat. idealnya sebuah blog harus memberikan manfaat kepada para bloger lainnya, pengunjung blog anda dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Ingat,  masih banyak masyarakat Indonesia di belahan daerah lain di Indonesia yang masih membutuhkan informasi atas kecerdasan, keahlian dan pengalaman dari anda. Untuk itu galilah semua informasi yang berguna di sekitar kita untuk dapat kita sajikan di blog sebagai pencerahan bagi setiap orang.
  • Sarana untuk mencari teman, sahabat, kawan, relasi, link, komunitas dan lain-lainnya bukan sebaliknya mencari musuh, lawan, kompetitor (negatif) dan sebagainya. Hal sering terjadi dalam sebuah postingan dalam blog selalu menimbulkan peluang konflik, baik yang bersifat halus atau terang-terangan. Seharusnya sebuah blog dapat di jadikan tempat untuk berbagi pendapat, ide, masukan, konsep dan pemikiran untuk ke arah yang lebih maju, saling menguntungkan dan bermanfaat, tidak untuk di jadikan ajang saling umpat, maki2 dan sebagainya. Kadang capek bacanya kalau melihat blog yang isinya cuma eyel-eyelan aja!, please jangan terpancing oleh pihak2 yang ngawur, licik dan picik!
  • Kalaupun anda menggunakan blog sebagai tempat untuk melakukan bisnis, setidaknya lakukanlah kegiatan bisnis yang beretika, informasi bisnis yang akurat, tidak mengada-ada (dan please jangan menipu masyarakat sendiri).  Sebenarnya WordPress sendiri melarang pengguna blognya (apalagi yang gratisan) untuk digunakan sebagai ajang bisnis.

Also I don’t like the idea of people blogging for money. Blog because you love writing, blog to communicate, blog because you can’t do anything else. Don’t blog just for profit, it’s too personal to sell it so cheaply.”
sumber:rizkivmaster on wordpress forum>bantuan

tetapi memang pada dasarnya…

segala bentuk iklan komersil semacam adsense, adword, pay-per-click, referral, affiliasi, marketing, make money online, dll dilarang dipasang di blog gratis WordPress.com….
sumber : babalicou5 on wordpress forum>bantuan

semua tulisan ini diatas pada dasarnya hanya ingin mewujudkan harapan agar bagaimana masyarakat dan bangsa Indonesia dapat lebih cerdas, kritis dan intelektual terhadap informasi-informasi yang berkembang. Ciptakan SDM generasi yang bermutu, hindari perpecahan, dan berpikir positif! Generasi Indonesia harus segera menjadi warga dunia kelas SATU bukan lagi generasi ke tiga di negara berkembang lagi… i love u Indonesia.

salam.

Iklan

10 pemikiran pada “tips: sebuah blog (Indonesia) idealnya….

  1. Wuadouh… saya masuk kriteria yang mana ya? 🙄

    Saya pikir positif atau negatif tergantung kita memandangnya. Terkadang hal yang positif menurut kita justru negatif menurut orang lain. Tinggal kita sendiri yang mendewasakan perbedaan tersebut.

    Namanya manusia, kadang tingkat moody sangat mempengaruhi pandangan kita terhadap orang lain toch? 🙄 Nah, pas giliran orang lain juga sedang tidak moody kaya kita, disini ni yang biasanya bikin konflik. 👿

    Dan pada akhirnya, waktulah yang akan menjawabnya. Apakah kita sebagai pemilik blog bisa bersikap lebih arif terhadap pandangan yang kontra dengan kita 🙂 atau justru sebaliknya 😦 . Semuanya akan ada dampaknya kok ke kita.

    Btw, it’s nice article, thanks bro’ and lam kenal. 😀

    —- betul mas Ibnu, sekali lagi seratus deh., makanya saya tulis di atas “…idealnya…” tidak dan bukan “seharusnya” he3x! Nama jga harapan, maunya pasti sesuatu yang ideal, btw thks a lot atas inputnya semoga bisa membawa manfaat bagi bloger yang lain…
    salam kembali.

  2. Setuju banget tuh dengan tulisan anda “internet (melalui blog) dapat dijadikan sebagai pusat informasi tanpa batas dan ruang”.Hal itu yang memotivasi saya untuk bikin blog, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, semoga kita bisa selalu saling berbagi.
    Salam kenal dari Jogja,
    Listiana Advokat.

    —- salam kenal jg mbak dari Jakarta, keep on move… saya siap berbagi saran rembug dan informasinya, slam juga buat keluarga dan para blogger di Ngayogjokarto…. suwun!

  3. Merdeka (tengok kanan kiri) 😆
    He… ga nyambung ya…
    Menurut saya blog itu ya ajang menumpahkan segala kreasi, uneg-uneg, bakat, talenta dan untuk membangun relasi yang baik antar blogger…
    Chayo!!
    😉

    —- boleh juga, asal positif kenapa enggak…

  4. kadang pikiran gw berkecamuk ingin ngmg sesuatu tp bingung ke siapa, utk apa. Bloglah akhirnya yg jadi sasaran empuk utk itu. Drpd gw jd gila nanggung beban sendirian hehehe

    —- kalo mang lagi bingung, share ke sini jg boleh vie tp gak jaminan dapet solusi minimal bisa cerita dah cukup kali aja ada pencerahan yang bagus dan bisa jadi referensi… thks to comment.

  5. Hmm…
    Dari awal, saya memang nggak pernah berniat untuk mencari profit dalam blogging, karena tujuan menulis di blog adalah sebagai wadah untuk menampung coretan-coretan saya yang nggak penting sekaligus mencari teman sebanyak-banyaknya.

    Blog is online diary.
    Ah..bukankah konsep awalnya memang begitu ya? 🙂

    —- ya memang begitu jeng!

  6. saluut..dan terimakasih buat wejangan nya..pertama bikin blog salahsatu niat memang untuk cari tambahan profit he..he (ngaku aja lah),maka ijin COPAS brother.thank’s .salam kenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s