awal yang menentukan akhir

healthy_start_logo2Pernahkan terpikirkan bahwa apa yang kita peroleh di akhir dalam segala usaha kita tergantung dari bagaimana kita mengawalinya. Segala tujuan yang kita miliki, seluruhnya baik adanya, tidak ada yang salah, namun permasalahannya akan terjadi dan timbul ketika bagaimana kita tidak dapat menentukan langkah awal yang tepat dalam memulai mewujudkan tujuan tersebut. Menentukan langkah awal tidak saja tercermin dari kesiapan membuat segala perencanaan yang matang tetapi juga mengukur jauh ke dalam tentang objektivitas tujuan terhadap diri, orang lain dan lingkungan.

Menentukan secara seksama, kapan harus memulai atau menunda suatu pekerjaan dalam mewujudkan rencana memang di butuhkan kejelian dan naluri yang cukup. Tidak semua rencana harus dilaksanakan hari ini dan sesegera mungkin, atau tidak juga rencana diundur sampai waktu dan kesiapan yang belum ada kejelasan.

Ada juga yang telah mampu menyusun rencana dengan berbagai perhitungan teoritis yang begitu matang, bahkan di sertai pula dengan berbagai hasil kajian dan analisa berbagai sumber, untuk menghindari kemungkinan kegagalan. Seluruh detail langkah kegiatannya telah diformulasikan dalam satuan waktu yang spefisik dan akurat.

Secara logis,  semestinya pasti berhasil ya minimal berjalan sesuai rencana. Manusia berencana Tuhan yang menentukan. Sesempurnanya suatu rencana, hanya Tuhan Yang Maha Sempurna diatas segala rencanaNya,. korelasinya, segala sesuatu yang kita rencanakan tetaplah berusaha mengacu pada rencanaNya Tuhan.

Sejatinya tidak sulit menangkap dan menemukan acuan rencana Tuhan yang di isyaratkan dalam berbagai bentuk yang paling mendekati kita, entah berupa kejadian, permasalahan dan peruntungan, perenungan, ide dan gagasan dan lain hal sebagainya.  Sesuatu yang terjadi pada diri kita bukan suatu yang kebetulan, kepastian ada maksudnya. Yang dapat mengambil hikmahnya pasti menemukan pelajaran disana. Semuanya telah diberikan dalam berbagai bentuk sebagai suatu petunjuk untuk kita. Yang tersisa adalah, bagaimana mencermati segala petunjuk tersebut dan di selaraskan dengan rencana atau keinginan dalam diri kita.

Semoga rencana yang kita susun dapat kita awali dengan langkah yang tepat, akal yang sehat dan hati yang jernih….,

Iklan