Anda Bukan Mereka, Jangan Gunakan Ukuran Orang Lain Untuk Mengukur Diri Anda

1210894984m1qDGBlKalimat di atas begitu lugas, biasa, bahkan selintaspun kita dapat memahami kedalamannya. Namun dari hal yang kadang kita sepelekan, kita lebih sering memeragakannya kesalahannya! Kita tersadar, Hmm… khilaf? lupa? atau memang tak paham bagaimana seharusnya memproses kalimat tersebut dalam keseharian kita. Maaf! Ini bukan bermaksud menggurui, tapi kadang kita sering alpa terhadap hal-hal yang bahkan begitu simple, begitu mudah atau begitu sepele. Tapi percayalah, biasanya masalah atau akibat bisa terjadi dari hal-hal yang sepele!

Sebagai sebuah kodrat yang tertulis di buku suci, bahwa manusia seharusnya dan idealnya adalah yang sempurna (di antara berbagai hasil penciptaanNYA). Kesempurnaanya tersebut yang (idealnya) dapat menyelesaian berbagai perkara yang ada, tentunya dengan di barengi doa dan proses belajar terus menerus. Life is Learn…. katanya!

Proses menjadikan kesempurnaan diri itu dapat di mulai dari mengenali diri kita sendiri. Kenali ukuran pakaian kita, ukuran sepatu kita dan berbagai ukuran lain lagi yang lebih bersifat privacy. Ini hanya kita sendiri yang mampu mengenalinya. Lho, bagaimana bila ada apresiasi dari orang lain terhadap diri kita? Tidak salah, nilai apresiasi adalah nilai Obyektif yang dapat kita jadi acuan, tetapi bukan berarti kita selalu mengacu pada orang lain. Mungkin bosen ya dengerin Kerispatih yang tema lagunya cuma sebatas begitu-gitu aja, tentunya kita tidak berharap menjadi pribadi yang berdasarkan selera pasar tanpa ada nilai ukur kepantasan dari diri kita sendiri…he3x!

Kadang disinilah letak permasalahannya, melihat rumput tetangga selalu lebih baik – padahal rumput yang sudah tertanam bukan sesuatu yang buruk, mungkin kita cuma butuh informasi lebih untuk belajar bagaimana cara merawat dan memeliharanya. Sehingga akhirnya biar tetangga yang melihat rumput kita menjadi yang lebih baik. Sawang Sinawang.

Apreasiasi memang kita butuhkan. Ini untuk menjadi tolak ukuran akan keterbatasan kita, bukan mencari pujian atas kelebihan kita.

Sebuah contoh sederhana, ketika kita mengenakan pakain atau sepatu yang bukan ukuran kita (ukuran orang lain) – kebesaran atau kekecilan , meskipun designnya begitu bagus dan mahal harganya. Sesaat pasti akan timbul kebanggaan dalam diri kita namun dalam skala waktu yang panjang akankah tidak menimbulkan permasalahan dalam diri kita? Kecuali bila kita memang mau menjadi orang lain atau kita kuat menerima dan menjalani permasalahan, ini lain cerita!

Menjadi diri sendiri dan merdeka tentulah lebih baik daripada harus (memperagakan) menjadi orang lain hanya untuk mengejar suatu pujian atau pengakuan! Wah… kalo begitu jadi egois dan autis dong? Atau malah Narsis? Ya…ya…ya….! Sesuatu apapun kalau di nilai dan dipahami secara berlebihan juga menghasilkan sesuatu yang kuang tepat secara duniawi. Intinya semuanya harus ukuran dan porporsi yang sesuai dan ideal. Tetapi akan jadi salah juga kalau kita tidak berusaha dan berpasrah diri untuk diam tanpa meningkatkan ukuran kita.

Intinya, coba lebih pada melihat diri kita ke dalam sebelum menentukan ukuran yang akan kita kenakan. Kalau memang suatu saat kita sudah nyaman dengan ukuran kita, bukan berarti kita tidak boleh menapaki ukuran yang lebih tinggi (seperti ukuran orang lain!) tetapi tetap harus tidak berlebihan. Pelan dan pasti…. DIA akan meningkatkan ukuran kita (ini janjiNya tapi jangan berharap kapan datangNya karena ini bagian dari rahasiaNya tetapi pasti datangNya). Nikmati saja…. dan andapun akan mengerti kapan saatnya!

Iklan

2 pemikiran pada “Anda Bukan Mereka, Jangan Gunakan Ukuran Orang Lain Untuk Mengukur Diri Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s